Rabu, 13 Mei 2009

Percaya pada anak, pujilah mereka


Percaya pada Anak, Pujilah Mereka !

Harga diri adalah cara kita menilai diri kita sendiri. Harga diri tidak hanya dimiliki oleh orang dewasa, anak-anak pun memilikinya. Oleh karena itu jangan biarkan anak kita menilai dirinya sendiri buruk. Caranya dengan mempercayai anak-anak kita.

Setiap kita lihat anak kita menghasilkan sesuatu. Pujilah mereka, apapun hasilnya. Setelah itu barulah kita bisa memberi masukan kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu anak-anak akan menanamkan ide bahwa mereka berharga dan mampu melakukan sesuatu. Anak akan berpikir kalau “aku bisa”, rasa percaya dirinya meningkat dan harga dirinya naik.

Beda halnya kalau kita menuntut anak menghasilkan sesuatu sesuai keinginan kita. Saat anak selesai dan kita tidak puas. Secara tidak sengaja mungkin kita akan mengatakan “ Loh kok seperti ini ?”. Sadarkah kita kalau anak akan berpikir jika “dia gagal”, turunlah rasa percaya dirinya bahkan dia tidak mau mencoba lagi di masa yang akan datang.

Ingat satu hal, percayai anak anda dan pujilah mereka apapun yang mereka hasilkan. Dengan begitu akan terbentuk generasi yang suka mencoba, pantang menyerah dan percaya diri.

Ajeng W, S.Psi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar