Senin, 26 Januari 2009




Membuat Layang-Layang

Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kutimbang dengan benang
Kujadikan layang-layang

Ingat lagu itu ? tanggal 9 Januari 2009, teman-teman kita di Homeschooling ABC’D mencoba membuat layang-layang. Ternyata susah-susah gampang lo membuat layang-layang itu.
Pertama : kita harus mencari dua batang kayu atau bamboo yang sama panjangnya, beratnya juga kira-kira harus sama. Tujuannya agar laying-layang yang kita buat terbang bagus di langit. Dari dua buah kayu itu kita buat kerangka seperti hurut T. Jangan lupa ikat kedua kayu itu dengan benang.
Kedua : Selanjutnya ikat benang disekeliling rangka. Ingat !! sisi kanan dan sisi kiri rangka harus seimbang lo. Tidak mau kan layang-layang yang kita buat oleng di angkasa.
Ketiga : Kalau kerangka sudah jadi, tinggal tempelkan kertas tipis di sekeliling rangka. Lalu beri hiasan sesuka hati kita. Kalau mau beri ekor agar tampak menarik kalau sedang terbang.
Keempat : Nah ini langkah terakhir, pasangkan benang di tengah, ujung atas dan ujung kanan dan kiri layang-layangmu. Sekali lagi pastikan seimbang. Kemudian sambung ujung benang dengan benang yang lebih panjang. Akhirnya layang-layang kita siap terbang.Tuh kan … membuat layang-layang itu susah-susah gampang. Kalau percobaan pertama gagal tidak boleh putus asa. Teman-teman kita di homeschooling ABC’D juga terus mencoba sampai layang-layang mereka bisa melalang buana di angkasa. Kalau kesulitan jangan malu untuk bertanya dan meminta bantuan. Saat membuat layang-layang kita bisa belajar tentang ketekunan, kesabaran, kreativitas dan pantang menyerah. Kalau kita mau pasti kita bisa.




Staf Pengajar Homeschooling ABC'D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar